10 Tips Cara Memelihara Ikan Louhan Agar Cepat Jenong

10 Tips Cara Memelihara Ikan Louhan Agar Cepat Jenong

Cara_memelihara_ikan_louhan_agar_cepat_jenong
Ikan Louhan atau Flowerhorn adalah jenis ikan hias yang punya penampilan unik, ditandai dengan jenong di kepala bagian atas kemudian pola warna-warni di bagian tubuh. Kedua ciri-ciri tersebut menjadi tolak ukur sehat tidaknya ikan. Nah, jika Anda termasuk yang gemar memelihara ikan louhan, tips ini bisa sangat berguna:
1. Idealnya ukuran aquarium untuk louhan berukuran panjang 90cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm, semakin tinggi semakin bagus.
2. Untuk filter sebaiknya menggunakan filter samping.
3. Setel suhu pemanas pada aquarium yang berisi ikan Louhan pada suhu 29-30 derajat celcius.
4. Usahakan untuk mengganti air aquarium 2 minggu sekali sebanyak seperempat dari seluruh air aquarium. Jangan melebihi dari ketcqsxqentuan ini dan jangan setiap hari mengganti air.
5. Gunakan air dengan PH 7 sampai 8, cara mengetahui derajat PH mesti diukur dengan alat tes  PH.
6. Usahakan untuk sering berinteraksi dengan ikan Louhan peliharaan kalian, dengan cara mengajak bermain main dengan tangan atau cermin yang ditempelkan ke aquarium, bisa juga dengan memberikan bebatuan untuk merangsang louhan memindahkan batu, hal ini dipercaya bisa merangsang pertumbuhan jenong.
7. Jangan sekali-sekali memberikan Louhan pakan hidup seperti cacing tanah, udang dan ikan cere, karena bisa berakibat terkena parasite hexamita. Pakan hewani yang sudah dibekukan seperti cacing beku dan udang beku lebih dianjurkan.
8. Berikan makan minimal 2x sehari pada pagi dan sore hari.
9. Gunakan lampu warna pink  dan dihidupkan selama 10 jam, lampu jenis TFC lebih bagus.
 10. Jangan memberikan jangkrik berlebihan karena bisa mengakibatkan warna ikan louhan menjadi gelap, cukup 1 ekor per minggu dan jangan lupa kaki dan kepalanya dibuang terlebih dahulu.

Untuk menghasilkan ikan Louhan yang bagus sesuai dengan keinginan sebenarnya tergantung pada gen ikan Louhan itu sendiri. Jika gen ikan Louhan yang dipelihara tidak jenong maka bagaimanapun kita memeliharanya atau memberikan pakan dan obat untuk menumbuhkan kepala jenong, Louhan tetap tidak akan pernah jenong. Jadi kalau kalian ingin ikan Louhannya jenong pilihlah ikan louhan yang memiliki bakat jenong air atau istilahnya water head.

0 Response to "10 Tips Cara Memelihara Ikan Louhan Agar Cepat Jenong"

Post a Comment